43 KTP Dukungan Ganda Bakal Calon DPD RI Ditemukan KPU Bengkulu Tengah

Proses verifikasi administrasi dukungan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI masih terus berjalan.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Hendrik Budiman
Suryadi Jaya
Komisioner KPU Bengkulu Tengah Bidang Teknis, Ir. Mulyadi mengatakan, sejauh ini sebanyak 43 KTP dukungan ganda atau ditemukan di lebih dari satu bakal calon 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Proses verifikasi administrasi dukungan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI masih terus berjalan. 

Proses verifikasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Tengah telah dimulai sejak Jumat (30/12/2022) lalu, dan sejauh ini sebanyak 43 KTP dukungan ganda atau ditemukan di lebih dari satu bakal calon. 

Komisioner KPU Bengkulu Tengah Bidang Teknis, Mulyadi menjelaskan, data tersebut bukan lah data final dan pihaknya masih menunggu klarifikasi dari bakal calon DPD RI terkait data ganda tersebut. 

Baca juga: Pemda Bengkulu Tengah Gandeng Universitas Bengkulu Kembangkan SDM dan Mitigasi Bencana

"Proses verifikasi administrasi kita sebenarnya sudah selesai, yang belum itu tanggapan dari bakal calon Terkait data ganda inj, karena prosesnya mepet jadi akan diperpanjang," ujar Mulyadi, Jumat (13/1/2023). 

Melihat hal tersebut, KPU RI telah mengeluarkan surat terbaru untuk KPU Kabupaten memperpanjang proses verifikasi tersebut. 

"Kita akan pleno terlebih dahulu, Terkait tanggal terakhir proses verifikasi administrasi ini, kalau dari surat KPU RI ini paling lama satu hari setelah memasuki masa perbaikan," ungkapnya. 

Lebih lanjut, menurut Mulyadi, setelah bakal calon memberikan tanggapan terkait data ganda ini maka barulah KPU Bengkulu Tengah bisa memastikan dukungan tersebut masuk ke bakal calon DPD RI yang mana. 

"Kalau kedua bakal calon ini tidak memberikan tanggapan, maka dukungan ganda tersebut akan kita masukkan kategori Tidak Memenuhi Syarat (TMS), " katanya. 

Diketahui, 43 data ganda tersebut berasal dari 11 bakal calon DPD RI dan dari 43 data tersebut terdapat 6 data ganda indentik atau ganda dalam satu dukungan bakal calon.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved