Daya Tarik Makam Inggris di Bengkulu, Wisata Sejarah Dengan Tampilan Batu Nisan Bangsawan Eropa

Bukti peninggalan sejarah tersebut dapat di lihat dengan adanya makam Inggris yang terletak di Jalan Veteran Kelurahaan Jitra, Kota Bengkulu.

Editor: Hendrik Budiman
Vinna Yuliana Putri/TribunBengkulu.com
Makam Inggris yang terletak di Jalan Veteran Kelurahaan Jitra, Kota Bengkulu. Daya tarik makam Inggris di Bengkulu, wisata sejarah dengan tampilan batu nisan bangsawan Eropa 

TRIBUNBENGKULU.COM - Bengkulu merupakan daerah pesisir laut yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga begitu banyak daya tarik bagi negara asing pada masanya untuk dapat berkuasa di Provinsi berjuluk 'Bumi Rafflesia' ini.

Bukti peninggalan sejarah tersebut dapat di lihat dengan adanya makam Inggris yang terletak di Jalan Veteran Kelurahaan Jitra, Kota Bengkulu.

Lokasi makam Inggris ini berada tidak jauh dari Benteng Marlborough, benteng terbesar kedua se-Asia Tenggara yang hanya sekitar 1 kilometer ke arah Selatan.

Keberadaan makam Inggris di Bengkulu lantaran Bengkulu salah satunya wilayah yang pernah diduduki Inggris di Indonesia pada masa penjajahan.

Dimana kapal-kapal berlabuh di depan muara Sungai Serut, sehingga pada saat itu Inggris menetap dan melakukan perdagangan secara bebas menguasai Bengkulu.

Baca juga: Makam Sentot Alibasyah Panglima Perang Dari Diponegoro, Kini Jadi Cagar Budaya di Kota Bengkulu

Sejak saat itu, makam Inggris seluas lebih kurang 1 hekatare dengan berbagai bentuk dan ukuran dapat dilihat yang menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Jenis batuan nisan yang terpajang dengan gaya bangsawan eropa masih terlihat kokoh.

Pemakaman Inggris saat ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya, sehingga dapat dikunjungi sebagai destinasi wisata sejarah di Kota Bengkulu.

Batu Nisan Menjadi Daya Tarik

Makam Inggris masih menyimpan banyak beragam bentuk batu nisan yang menjadi daya tarik, misalnya, dahulu ukuran dari batu nisan di tempat tersebut memiliki kriteria tersendri.

Perlu diketahui semakin besar ukuran makam di Pemakaman Inggris, maka semakin tinggi pula pangkat orang yang dimakamkan tersebut.

Tercatat nisan tertinggi di makam Inggris ini berukuran 4 meter.

Namun, untuk saat ini tribunners masih bisa melihat beberapa makam dengan tinggi kurang lebih sekitar 50 cm.

Menariknya, bukan hanya tinggi makam saja yang membuat unik.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved