Breaking News:

Tuntaskan Janji Bupati Atasi Blank Spot di Kaur Bengkulu, Kominfo Kebut Pemasangan Jaringan Internet

Permasalahan blank spot di Kabupaten Kaur menjadi prioritas Bupati dan Wakil Bupati Kaur untuk dituntaskan.

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Kepala Dinas Kominfosantik Kabupaten Kaur Muhammad Jarnawi saat menjelaskan program-program Bupati dan Wakil Bupati Kaur termasuk mengatasi area blank spot di Kaur. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu masih memiliki daerah blank spot (tanpa jaringan internet).

Permasalahan blank spot di Kabupaten Kaur ini pun menjadi prioritas Bupati dan Wakil Bupati Kaur untuk dituntaskan.

Kepala Dinas Kominfosantik Kabupaten Kaur Muhammad Jarnawi, M.Pd mengatakan, program koneksi jaringan internet untuk mengatasi permasalahan blank spot di Kabupaten Kaur ini ditargetkan tuntas di tahun 2024.

Secara bertahap penyediaan sarana internet hingga ke desa yang masih terdapat daerah blank spot sudah dilakukan Pemkab Kaur melalui Dinas Kominfosantik Kabupaten Kaur.

Saat ini daerah blank spot di Kabupaten Kaur tersisa 9 desa lagi yang tersebar di 2 kecamatan.

"Dari 15 Kecamatan yang terdiri dari 192 desa hanya menyisakan dua Kecamatan Maje dan Nasal. Tetapi tidak seluruhnya hanya 9 desa lagi yang tersisa (blank spot)," kata Jarnawi kepada TribunBengkulu.com, Selasa (17/1/2023).

Ia menambahkan, penyediaan sarana internet termasuk wifi gratis sudah terpasang di sejumlah lokasi strategis yang ada di Kabupaten Kaur. Seperti di Sentral Kuliner, Masjid Al Khafi, pesantren dan desa-desa tertentu.

"9 titik sudah kita pasang, saat ini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Kaur," ungkapnya.

Program pemasangan koneksi jaringan internet ini sudah dilaksanakan dari tahun 2022 dan kembali akan dilanjutkan tahun ini.

Bahkan, wifi yang ada di setiap kantor di Kabupaten Kaur bisa dinikmati secara gratis dengan satu pasword yang sama.

Dilansir dari website resmi Kominfo Kaur, dalam rangka mempercepat implementasi smart city guna meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat serta menuntaskan area Blankspot, Pemerintah kabupaten Kaur lakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan PT. Indonesia Comnet Plus (ICON+) yang merupakan SubHolding PT PLN (Persero) yang bergerak di bidang penyediaan jaringan, jasa, dan content, di Aula Lantai Tiga Setda Kaur pada Kamis (27/10/2022).

Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Bupati Kaur Herlian Muchrim, ST dengan General Manager Strategy Business Unit (SBU) Regional Sumatera Bagian Selatan Yan Alfino Simanjuntak.

Dalam arahannya Wakil Bupati Kaur menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dinas Kominfosantik Kaur yang telah memprakarsai kegiatan ini, juga kepada PT ICON Plus yang akan segera menimplemantasikan layanan teknologi dan komunikasi dalam rangka pengembangan Smart City di Kabupaten Kaur

“Seperti yang kita ketahui pada saat ini banyak Aplikasi Program Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang menunjang kinerja pemerintahan, yang menggunakan jaringan telekomunikasi dan informasi tepat guna,” ujar wabup.

Baca juga: Majukan Sektor Pertanian, Bupati Kaur Bengkulu Temui Menteri Pertanian RI

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved