Absensi hingga Pengajuan Cuti ASN di Bengkulu Tengah Sudah Digital Lewat Aplikasi SIAP

BKPSDM Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah resmi meluncurkan aplikasi SIAP.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Kepala BKPSDM Bengkulu Tengah Apileslipi. Saat ini BKPSDM Bengkulu Tengah sudah meluncurkan aplikasi SIAP. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pelayanan (SIAP) sejak Senin (2/1/2022). 

Sehingga terkait semua pelayanan administrasi kepegawaian tidak lagi secara manual, namun sudah berbasis aplikasi.

Kepala BKPSDM Bengkulu Tengah Apileslipi, S.Kom, M.Si menjelaskan, dengan adanya aplikasi ini diharapkan bisa mempermudah pelayanan dan upaya peralihan ke digitalisasi. 

"Mulai 2023 ini untuk seluruh urusan pelayanan kepegawaian silahkan melalui aplikasi https://siappegawai.bengkulutengahkab.go.id atau melalui Kasubag UP disetiap OPD masing-masing," ujar Apileslipi, Kamis (19/1/2023). 

Diketahui, melalui aplikasi SIAP sudah tersedia 35 pelayanan administrasi kepegawaian yang terdiri dari perubahan perangkat e-presensi dan kenaikan pangkat jabatan fungsional tertentu (untuk fungsional guru). 

Selain itu untuk kenaikan pangkat jabatan fungsional tertentu (untuk semua fungsional diluar fungsional guru), surat keterangan belajar, usulan pengajuan TPP, pengajuan cuti dan layanan lainnya juga bisa diurus melalui aplikasi SIAP. 

"Jadi dengan adanya aplikasi ini, seluruh ASN tidak perlu lagi datang ke kantor BKPSDM, cukup membuka aplikasi yang sudah kami siapkan dan semua layanan terkait kepegawaian sudah lengkap diaplikasi tersebut dan tinggal dipilih saja sesuai keperluan," kata Lipi. 

Kemudian semua ini dilakukan untuk menuju pengelolaan sistem kepegawaian pemerintahan di Kabupaten Bengkulu Tengah kearah yang lebih baik.

"Pada intinya kita akan terus berbenah dalam memberikan pelayanan yang optimal terhadap ASN. Untuk memastikan kelancaran aplikasi, kami pada bulan Desember lalu sudah melakukan uji coba dan Alhamdulillah mendapatkan respon positif serta tidak ada kendala ataupun keluhan dari pengguna," beber Lipi. 

Selain kemudahan dalam pengurusan administrasi kepegawaian, aplikasi SIAP ini juga sangat membantu dalam memperpendek masa penyelesaian. 

"Selama ini dalam menindaklanjuti administrasi kepegawaian SOPnya 3x24 jam, tetapi melalui aplikasi SIAP ini, semua urusan bisa selesai dalam waktu 1x24 jam, sehingga sangat membantu sekali bagi ASN," kata Lipi.

Baca juga: Tim Buser Bengkulu Tengah Sempat Dikepung Warga saat Kejar Motor Curian Hingga ke Empat Lawang

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved