Rawan Kecelakaan Lalu Lintas, Simpang Silau Seluma Bengkulu Butuh Traffic Light

Jalan Simpang Tiga Silau di Kelurahan Pasar Tais Kecamatan Seluma Kota Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu perlu dipasang traffic light.

Editor: Yunike Karolina
Yayan/TribunBengkulu.com
Inilah Jalan Simpang Silau Kelurahan Pasar Tais Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu yang butuh traffic light karena rawan terjadi laka. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Yayan Hartono

TRIBUNBENGKULU.COM, SELUMA - Jalan Simpang Tiga Silau di Kelurahan Pasar Tais Kecamatan Seluma Kota Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu perlu dipasang traffic light (lampu lalu lintas).

Lokasi ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas) lantaran tidak adanya lampu lalu lintas, pengatur kendaraan yang berlalu-lalang.

Sehingga keberadaan traffic light sangat dibutuhkan untuk membatasi arus kendaraan yang melintas.

"Memang sudah sepantasnya dipasang traffic light, karena lalulintas nya ramai. Sangat rawan terjadi laka," kata Fardo (30) yang mengaku warga Kelurahan Talang Saling, Kecamatan Seluma Kota kepada TribunBengkulu.com, Jumat (20/1/2023).

Saat ini memang sudah ada traffic light di Simpang Tiga Silau yang dipasang Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu. Hanya saja, lampu lalu lintas ini telah mati, tidak berfungsi lagi.

Lantaran status jalan sudah menjadi aset Pemkab Seluma maka seharusnya pemkab bisa merespon dengan memperbaiki atau mengganti traffic light yang ada saat ini.

"Jalan ini kan baru serah terima menjadi jalan kabupaten. Tukar guling dengan jalan bawah jembatan layang. Jadi status jalan ini telah sah milik Kabupaten Seluma," terang Fardo.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan Kabupaten Seluma, Erlan Suadi saat dikonfirmasi menerangkan, jika pihaknya telah menyampaikan usulan ke Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) terkait keluhan masyarakat soal lampu pengatur lalu lintas ini.

Namun bukan traffic light yang nantinya akan dipasang, tetapi warning light.

"Sudah kita usulkan, tapi bukan traffic light. Kita usulkan warning light," ucap Erlan.

Menurutnya, jalan Simpang Tiga Silau tersebut belum dapat dipasang traffic light. Sebab ada syarat khusus yang harus terpenuhi untuk memasang traffic light ini. Salah satunya itensitas laju kendaraan yang melintas.

"Nanti jika usulan kita ke Dirjen Hubdat belum diakomodir, kita akan usulkan melalui APBD untuk pemasangan warning light ini. Jadi kita tunggu saja," ujar Erlan.

Baca juga: Seluruh Ternak Sapi di Seluma Bengkulu Wajib Dipasang Eartag, Apa Fungsi & Keuntungan Bagi Peternak?

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved