Profil dan Informasi Lengkap Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Univeritas Muhammadiyah Bengkulu ini merupakan cabang dari IKIP (Institut dan Ilmu Pendidikan) FKIS (Fakultas Keguruan dan Ilmu Sosial) cabang Jakarta

Editor: Hendrik Budiman
UMB.ac.id/Istimewa
Unversitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Berikut profil dan informasi lengkap mengenai Unversitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bengkulu. 

TRIBUNGBENGKULU.COM - Berikut profil dan informasi lengkap mengenai Unversitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bengkulu.

Universitas Mummadiyah Bengkulu berdiri sejak tanggal 20 juni 1991 dan sudah mendapatkan akreditas B.

Sebelumnya Univeritas Muhammadiyah Bengkulu ini merupakan cabang dari IKIP (Institut dan Ilmu Pendidikan) FKIS (Fakultas Keguruan dan Ilmu Sosial) cabang Jakarta.

Namun, karena terkendala oleh jarak Jakarta-Bengkulu, sehingga pengelolaanya menjadi tidak efisien maka pimpinan FKIS IKIP Muhammdiyah Jakarta cabang Bengkulu berfikir untuk menguatkan Institusi ini menjadi lembaga pendidikan yang mandiri dan berdiri sendiri.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Bengkulu Hanya Miliki Satu Program Studi Magister yang Unggul

Maka, pada 1 Juni 1973 FKIS IKIP dikembangkan menjadi Sekolah Perguruan Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP).

Seiring waktu tepatnya tanggal 20 juni 1991, keluarlah Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.0367/0/1991 sehingga menjadi Univeritas Muhammdiyah Bengkulu.

UMB saat ini memiliki 9 Fakultas dengan 23 Prodi untuk S1 dan 1 program Pascasarjana Magister (S2).

Untuk Fakultas di Universitas Muhammadiyah Bengkulu diantaranya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik.

Lalu, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ekonomi, dan Program Pascasarjana. (Wike Rahayu Amelia/MG01)

Berikut Ini Fakultas-fakultas dan Prodi di UMB:

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ini dapat dibilang salah satu fakultas yang sudah ada sejak awal berdirinya Universits Muhammadiyah Bengkulu dan sudah terakreditasi B.

Fakultas ini memiliki 6 prodi antara lain:

  • S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • S1 Pendidikan Ekonomi
  • S1 Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Biologi
  • S1 Pendidikan Matematika

2. Fakultas Pertanian

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved