Banjir di Bengkulu

Bengkulu Masih Dihantui Banjir, Ini Langkah Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melakukan beberapa langkah strategis untuk mengupayakan penanggulangan dampak banjir yang terjadi saat ini.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melakukan beberapa langkah strategis untuk mengupayakan penanggulangan dampak banjir di Bengkulu. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

 

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Beberapa tahun terakhir, banjir masih menjadi momok bagi masyarakat Provinsi Bengkulu.

Terutama sejumlah titik di Provinsi Bengkulu menjadi langganan banjir. Misalnya Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang saat ini menjadi daerah terparah akibat banjir yang terjadi sejak kemarin.

Menanggapi hal ini, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melakukan beberapa langkah strategis untuk mengupayakan penanggulangan dampak banjir yang saat ini melanda sejumlah daerah di Provinsi Bengkulu

"Saya memantau di kawasan Benteng, di Desa Taba Terunjam, dan beberapa titik di Talang Empat. Pertama kita melakukan tindakan emergency, penyaluran bahan pangan di  beberapa titik," kata Gubernur Rohidin, Senin (23/1/2022). 

Selain itu, politisi Golkar ini, juga melakukan koordinasi bersama pimpinan kabupaten/kota untuk segera mendirikan posko dapur umum dan posko kesehatan.

Terutama bagi Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Kota Bengkulu. Lantaran di dua daerah ini sejumlah titik pemukiman penduduk tergenang banjir. 

"Tadi saya sudah memastikan dengan bupati, juga kepada walikota dan wakilnya. Untuk segera membuat posko dapur umum. Di beberapa titik yang warga bisa mengungsi. Juga posko kesehatan, untuk mengintergrasi kesehatan masyarakat," papar Rohidin. 

Untuk diketahui, hujan deras dengan intensitas tinggi terjadi sejak kemarin malam. Hal ini menyebabkan banjir disejumlah daerah.

Misalnya di Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Seluma. Bahkan di Bengkulu Selatan- Kaur akses jalan sempat terhenti dikarenakan longsor di jalan Lintas Manna Bengkulu Selatan - Pagar Alam, Sumatera Selatan. 

"Kita juga tadi sudah menyalurkan bantuan logistik, saya minta kepada semua pihak untuk mengkoordinir melalui pemerintah kota/kabupaten," imbuhnya.

Ia juga meminta agar pemerintah daerah kabupaten/kota, ikut mengakomodir penyaluran bantuan. Ini bertujuan penyaluran bantuan tersebut bisa tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan. 

"Pemprov juga menyalurkan demikian, siapa yang dermawan dari para pelaku usaha, saya kira harus dikoordinir agar tepat sasaran dan adil di masyarakat," ucap Rohidin. 

Baca juga: Puluhan Kendaraan Mogok Saat Nekat Terobos Banjir di Jalan Lintas Bengkulu - Kepahiang

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved