Barcelona

Cerita Lengkap Karir Sepak Bola Rivaldo yang Melegenda Bersama AC Milan dan Barcelona

Saat Rivaldo meninggalkan Deportivo La Coruna dan bergabung dengan Barcelona pada tahun 1997, keresahan serta ketidakstabilan menjadi kata yang popule

Penulis: Achmad Fadian | Editor: M Arif Hidayat
Tribunnews.com
Rivaldo saat meraih Ballon DOr dimusim 1995 saat berseragam Barcelona. Berikut cerita karir lengkap perjalanan Rivaldo selama menjadi sepak bola profesional. 

TRIBUNBENGKULU.COM - Saat Rivaldo meninggalkan Deportivo La Coruna dan bergabung dengan Barcelona pada tahun 1997, keresahan serta ketidakstabilan menjadi kata yang populer di Catalonia.

Johan Cruyff, yang pada saat itu adalah pelatih yang paling sukses dalam sejarah klub, telah dipecat pada akhir musim 1995-1996 setelah dua musim La Liga yang buruk berturut-turut, Barcelona finis keempat dan ketiga dalam dua musim terakhir Cruyff sebagai pelatih dan penggantinya, Bobby Robson, hanya bertahan setahun sebelum dia juga dicopot sebagai manajer.

Setelah memenangkan empat gelar liga berturut-turut antara tahun 1991 dan 1994, Barcelona kini menjalani tiga musim tanpa gelar. Robson mengantarkan Piala Winners dan Copa Del Rey dalam satu musim tugasnya tetapi juga finis kedua di La Liga.

Gaya sepak bola orang Inggris itu juga tidak sesuai dengan selera semua penduduk setempat, tetapi penyebab ketidakpuasan terbesar adalah ketika ketua Jose Nenez mengizinkan Ronaldo pergi, juga setelah hanya satu musim yang sensasional di Camp Nou setelah perselisihan kontrak.

Tanggapan Nunez adalah menunjuk Louis Van Gaal dalam upaya mengembalikan tim ke gaya Belanda yang terkenal, dengan Robson pindah ke peran manajer umum.

Salah satu pekerjaan pertamanya, setelah awalnya mencoba untuk Steve McManaman dari Liverpool, adalah mendorong penandatanganan Rivaldo. Tiba-tiba Barcelona memiliki pemain Brasil lain yang membuat Anda bersemangat.

Rivaldo baru saja menjalani musim debut yang sangat sukses di La Liga bersama Deportivo La Coruna, tetapi masih belum memantapkan dirinya di tim nasional.

Jika dia berpikir bahwa bermain untuk Barcelona akan memungkinkannya untuk mengambil langkah maju, dia benar. Selama berada di Camp Nou, Rivaldo mencapai puncak kariernya.

Sangat cepat, sering menggunakan step-over dan tipuan menyamping, dan dengan kemampuan untuk mengebor tembakan rendah dan kuat dari jarak yang tampaknya tidak jauh, Rivaldo ditempatkan oleh Van Gaal di sisi kiri lini tengah dalam model Ajax besutan pemain Belanda itu.

Baca juga: Ansu Fati Sudah Tak Dimainkan Barcelona Lagi, Akankah Perjuangan Dia Selama Ini Sia-Sia Saja?

Namun, alih-alih mengikuti instruksi ketat Van Gaal untuk memeluk garis sentuh, Rivaldo akan melayang ke dalam, seringkali dengan efek yang menghancurkan pada lari slaloming atau melepaskan tembakan melengkung dan melengkung dari semua sudut. Semua dengan gaya berjalan kaki panjang yang unik dan kaki kiri yang ajaib.

Dari 109 gol yang dicetak Rivaldo dalam lima musim untuk Barcelona, ​​hanya 12 yang dicetak dengan kaki kanannya.

Oposisi tahu apa yang akan terjadi tetapi masih merasa tidak mungkin menghentikannya. Faktanya, semakin lama Rivaldo bertahan di Camp Nou, dia menjadi semakin penting dan efektif, dengan jumlah golnya meningkat setiap musim hingga musim terakhirnya.

Rivaldo menjadi terkenal karena mencetak gol spektakuler, dengan 15 dari 109 gol tersebut merupakan tendangan bebas dan 10 lainnya datang dari luar kotak penalti, tetapi ia juga mencetak gol krusial.

Setelah Valencia (10 gol), Real Sociedad (tujuh gol), dan rival sekota Espanyol (tujuh gol), lawan favorit Rivaldo berikutnya selama di Barca adalah Real Madrid, di mana ia mencetak lima gol. Empat di antaranya sangat menentukan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    21
    14
    3
    4
    37
    25
    10
    45
    2
    Persija Jakarta
    22
    13
    5
    4
    31
    11
    13
    44
    3
    PSM Makasar
    22
    12
    8
    2
    39
    8
    22
    44
    4
    Madura United
    23
    11
    4
    8
    29
    14
    5
    37
    5
    Borneo
    21
    10
    6
    5
    38
    18
    15
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved