Tak Terurus, Kades Durian Demang Minta Pengelolaan Tempat Wisata Bukit Kandis Dilimpahkan

Lokasi wisata bertaraf nasional di Kabupaten Bengkulu Tengah Bukit Kandis saat ini terabaikan dan dalam kondisi mengkhawatirkan.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: M Arif Hidayat
Suryadi Jaya/Tribunbengkulu.com
Lokasi wisata bertaraf nasional di Kabupaten Bengkulu Tengah Bukit Kandis, saat ini terabaikan dan dalam kondisi mengkhawatirkan, Rabu (25/1/2023). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

 

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Lokasi wisata bertaraf nasional di Kabupaten Bengkulu Tengah, Bukit Kandis saat ini terabaikan dan dalam kondisi mengkhawatirkan. 

 

Sempat viral setelah Kementerian Lingkungan Hidup melakukan sejumlah pembangunan dan penataan pada 2018 lalu, namun tak lagi dilakukan perawatan dan penjagaan. 

 

Saat ini, seluruh fasilitas yang ada seperti mushola, wc umum hingga ruang pertemuan sudah rusak bahkan ada beberapa bagian yang hilang. 

 

Lokasi wisata yang berada di Desa Durian Demang Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah itu pun ditinggalkan wisatawan. 

 

Kepala Desa (Kades) Durian Demang, Zainal Arifin mengaku telah berulangkali mengusulkan dan mempertanyakan status pengelolaan wisata Bukit Kandis tersebut kepada Pemkab Bengkulu Tengah namun tak ada kejelasan. 

 

"Semenjak dibangun oleh kementerian pada 2018 lalu, sampai saat ini tidak ada lagi pemeliharaan. Apalagi sempat puting beliung kemarin semua fasilitas jadi rusak," ujar Zainal, Rabu (25/1/2023). 

 

Jika wisata tersebut diserahkan kepada pihak desa, Zainal optimis, wisata tersebut bisa menjangkau wisatawan nasional bahkan internasional. 

 

"Kami sudah berkomitmen untuk memajukan wisata ini, dan sejak dibangun dulu Bumdes kami rencananya akan difokuskan untuk pengelolaan wisata, bahkan pemandu wisata dan lainnya sudah kita latih," ungkap Zainal. 

 

Zainal pun berharap, Pemkab Bengkulu Tengah bisa segera menyerahkan aset tersebut ke Desa Durian Demang, agar pengelolaannya bisa lebih maksimal.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved