Kesehatan Ibu Hamil

Konsumsi Makanan Ini, Agar Tak Kekurangan Yodium bagi Ibu Hamil

Tribunners, bagi kamu saat ini sedang mengandung si buah hati, tentunya harus memenuhi asupan yodium yang merupakan salah satu nutrisi.

Penulis: Achmad Fadian | Editor: M Arif Hidayat
google
Konsumsi Makanan Ini, Agar Tak Kekurangan Yodium bagi Ibu Hamil 

TRIBUNBENGKULU.COM - Tribunners, bagi kamu saat ini sedang mengandung si buah hati, tentunya harus memenuhi asupan yodium yang merupakan salah satu nutrisi penting kebutuhannya harus dipenuhi oleh Ibu hamil.

Pasalnya, jika kekurangan Yodium tidak hanya bisa berdampak buruk terhadap kesehatan Ibu hamil (Bumil), kekurangan yodium saat hamil bisa meningkatkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan yang berbahaya bagi janin.

Sebab, yodium memainkan peran penting dalam pembentukan hormon tiroid, yang bertugas untuk mengatur metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan otak.

Setiap orang tentunya membutuhkan yodium, termasuk ibu hamil, agar tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Pentingnya Asupan Yodium Saat Hamil

Bagi ibu hamil, tentunya harus ada asipan yodium diperlukan tubuh untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, terutama pembentukan otak dan sistem saraf yang sehat.

Karena itu, yodium sangat penting dalam perkembangan janin, kekurangan yodium saat hamil bisa memengaruhi perkembangan fisik dan pendengaran bayi setelah lahir.

Bahkan berisiko menyebabkan cacat lahir, keguguran, kelahiran prematur, dan bayi meninggal dalam kandungan.

Pada ibu hamil, tentunya kekurangan yodium bisa ditandai dengan pembengkakan kelenjar tiroid (gondok), kelelahan, kelemahan otot, depresi, intoleransi terhadap dingin, dan penambahan berat badan yang berlebihan.

Kebutuhan yodium ini harus dicukupi ibu hamil per hari adalah 220 mikrogram atau 0,22 miligram (mg).

Kebutuhan ini memang lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan yodium orang dewasa pada umumnya, yaitu 0,15 mg perhari.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved