Benarkah Perempuan yang Matanya Minus Tidak Boleh Melahirkan Secara Normal

Tribunners, bagi kamu mengalami mata minus kini sedang mengandung sang buah hati, pasti mendapat informasi jika mata minus tidak bisa melahirkan.

Penulis: Achmad Fadian | Editor: M Arif Hidayat
google
Minus Mata Bisakah Melahirkan Secara Normal ? 

TRIBUNBENGKULU.COM - Tribunners, benarkah perempuan yang mengalami mata minus minus tidak boleh melahirkan bayinya secara normal ?

Apakah hal tersebut benar atau sekedar mitos? 

Informasi ini kerap membuat ibu hamil yang mengalami mata minus takut untuk melahirkan secara normal. Hal tersebut dikarenakan ada anggapan bahwa orang dengan mata minus dapat mengalami kebutaan apabila melahirkan secara normal, sehingga lebih memilih melahirkan dengan operasi caesar.

Mata minus atau miopi adalah gangguan penglihatan ketika penderitanya sulit untuk melihat benda yang jauh (rabun jauh).

Penglihatan buram saat melihat jauh ini terjadi akibat kelainan pada bola mata, sehingga cahaya dari luar jatuhnya tidak tepat pada tempat yang seharusnya, yaitu di retina mata.

Seseorang dengan mata minus, terutama mata minus dengan kacamata minus 6 ke atas, berisiko mengalami komplikasi. Komplikasi mata minus yang tinggi adalah ablasi retina (robeknya retina), pecah pembuluh darah, katarak, dan glaukoma.

Lalu, bagaimana dengan penderita mata minus yang akan melahirkan secara normal?

Bahaya Melahirkan Normal dengan Mata Minus

Tribunners, usaha mengejan saat melahirkan normal menyebabkan penderita mata minus dan dokter kandungan kerap menghindari pilihan melahirkan normal.

Tindakan mengejan pada penderita mata minus ini dapat meningkatkan tekanan pada bola mata, yang berpotensi merusak struktur di dalam mata.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved