Bank Bengkulu Menuju Bank Devisa, Apa itu Bank Devisa? Berikut Penjelasannya

Bank Bengkulu menjalin kerja sama dengan meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank BJB, Senin (15/8/2022). Selain meningkatkan pelayanan d

Editor: M Arif Hidayat
Jiafni Rismawarni/Tribunbengkulu.com
Bank Bengkulu bersiap menuju bank devisa. Bank Bengkulu menjalin kerjasama dengan Bank BJB, di Ruang Aula Mochtar Azehari Lantai 7 Graha PT Bank Bengkulu Senin (15/8/2022). 

TRIBUNBENGKULU.COM - Bank Bengkulu menjalin kerja sama dengan meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank BJB, Senin (15/8/2022). Selain meningkatkan pelayanan di era digitalisasi, kerja sama tersebut juga mempersiapkan diri Bank Bengkulu menjadi Bank Devisa.

Sudah tahu belum apa itu Bank Devisa?

Dikutip dari idxchannel.com, Bank Devisa adalah bank yang bisa memberikan pelayanan perbankan terhadap transaksi valuta asing karena telah mendapat izin dari otoritas terkait.

Artinya, jika terwujud menjadi Bank devisa. Bank Bengkulu ke depan bisa menawarkan jasa-jasa bank yang berkaitan dengan mata uang asing tersebut seperti transfer keluar negeri, jual beli valuta asing, transaksi ekspor impor, dan jasa-jasa valuta asing lainnya.

Direktur Utama Bank Bengkulu, Ahmad Irfan sebelumnya mengatakan, dengan kerjasama ini diharapkan membawa peningkatan prestasi Bank BJB dan Bank Bengkulu. Juga dapat terus berupaya sejalan selaras dengan target transformasi BPD untuk menjadi bank yang memiliki daya saing tinggi.

"Kita mempersiapkan diri sebagai Bank Devisa, karena ini kita nempel ke BJB. Ini kita usaha kan secepatnya ada dilanjutkan," kata Irfan di Ruang Aula Mochtar Azehari Lantai 7 Graha PT Bank Bengkulu  Senin (15/8/2022).

Bank umum dikenal dengan nama bank komersial dan dikelompokkan ke dalam dua jenis, seperti bank umum devisa dan bank umum non devisa.

Tingkatkan Sinergitas, Bank Bengkulu Teken Mou dengan Bank BJB, di Ruang Aula Mochtar Azehari Lantai 7 Graha PT Bank Bengkulu  Senin (15/8/2022).
Tingkatkan Sinergitas, Bank Bengkulu Teken Mou dengan Bank BJB, di Ruang Aula Mochtar Azehari Lantai 7 Graha PT Bank Bengkulu Senin (15/8/2022). (Jiafni Rismawarni/Tribunbengkulu.com)

Bila Bank Bengkulu sebagai bank umum nanti menjadi bank devisa. Akan memiliki produk yang lebih luas daripada bank yang berstatus nondevisa, antara lain dapat melaksanakan jasa yang berhubungan dengan seluruh mata uang asing atau jasa bank ke luar negeri.

Adapun Tugas dari Bank Devisa yakni menerima tabungan valas, mengirim dan menerima transfer dan inkaso valas, melakukan jual beli valuta asing atau dikenal dengan valas, melayani pembukaan dan pembayaran L/C, dan melayani lalu lintas pembayaran dalam dan luar negeri.

Bank devisa berperan untuk menghimpun dana masyarakat. Selain itu, bank devisa memiliki banyak peranan dalam lalu lintas pembayaran, karena bank devisa memberikan jasa lebih kepada nasabah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved