Pembunuhan Brigadir Yosua

Posisi Para Jenderal, Memahami Posisi Kadiv Provam dan Struktur Organisasi di Mabes Polri

kami menyajikan konten untuk memahami struktur organiasi tingkat Mabes Polri untuk tahu dimana posisi para jenderal yang sering muncul dalam berita

Editor: Hendrik Budiman

TRIBUNBENGKULU.COM - Tribuners saat ini Mabes Polri tengah jadi sorotan setelah seorang jenderalnya yakni Irjen Pol Ferdy Sambo dijerat kasus Pembunuhan Berencana.

Belakangan ini, nama-nama jenderal dengan berbagai posisinya sering sekali muncul dalam pemberitaan.

Untuk itu, kami menyajikan konten untuk memahami struktur organiasi tingkat Mabes Polri untuk tahu dimana posisi para jenderal yang sering muncul dalam berita itu berada.

Baca juga: Dimana Posisi Ferdy Sambo? Mengenal Posisi Kadiv Provam dan Struktur Organisasi Tingkat Mabes Polri

Termasuk posisi jenderal Sambo dahulu sebelum dipindahkan ke Pati (Pejabat tinggi) di Yanma Mabes Polri dan akhirnya dipecat dari Polri.

Organisasi Mabes Polri dibagi pada 4 unsur yakni Unsur Pimpinan, Unsur Pengawas dan Pembantu Pimpinan serta Unsur Pelaksana Tugas Pokok dan Unsur Pendukung, dan juga ada tingkat kewilayahan.

Unsur Pimpinan Kapolri dan Wakapolri

Kapolri dijabat jenderal polisi bintang empat saat ini Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Wakapolri bintang tiga, saat ini Komisari Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono.

Unsur pengawas dan pembantu pimpinan terdiri dari Inspektorat, asisten, divisi dan staf ahli.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2022). Kapolri mengungkap mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo merancang pembunuhan terhadap ajudannya Brigadir J dari rumah pribadi di Jalan Saguling, Jakarta Selatan.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2022). Kapolri mengungkap mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo merancang pembunuhan terhadap ajudannya Brigadir J dari rumah pribadi di Jalan Saguling, Jakarta Selatan. (Tribunnews/Jeprima)

Di bagian pengawasan ada Itwasum, Inspektorat yakni Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) yang bertugas membantu Kapolri dalam penyelenggaraan pengawasan dan pemeriksaan umum dan perbendaharaan dalam lingkungan Polri termasuk satuan-satuan organsiasi non struktural yang berada di bawah pengendalian Kapolri.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2022). (Tribunnews/Jeprima)

Pemimpinnnya, disebut inspektur namun dipimpin oleh jenderal bintang tiga yang saat ini dipimpin oleh Komjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si.

Wakilnya jendral bintang dua, yang membawahi lima unsur lagi yakni Biro, Inspektorat Wilayah yang masing-masing dipimpin jenderal bintang satu.

Masih di bagian Unsur pengawas dan pembantu pimpinan adalagi asisten.

Ada empat asisten Kapolri yang masing-masing adalah jenderal bintang dua.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved