Sholawat Munjiyat Baca 100 Kali Sesudah Sholat Magrib, Mudah Dihafal Agar Hajat Cepat Terkabulkan

Sholawat Munjiyat merupakan salah satu doa yang memiliki keutamaan yang luar biasa. Dengan doa, ini juga salah satu dzikir yang sangat dianjurkan untu

Penulis: Achmad Fadian | Editor: M Arif Hidayat
Sholawat Munjiyat Baca 100 Kali Sesudah Sholat Magrib, Mudah Dihafal Agar Hajat Cepat Terkabulkan
TribunBengkulu.com
Berikut Bacaan Sholawat Munjiyat Baca 100 Kali Sesudah Sholat Magrib, Mudah Dihafal Agar Hajat Cepat Terkabulkan

TRIBUNBENGKULU.COM - Sholawat Munjiyat merupakan salah satu doa yang memiliki keutamaan yang luar biasa. Dengan doa, ini juga salah satu dzikir yang sangat dianjurkan untuk dilantunkan secara istiqamah oleh siapapun.

Perbanyak membaca doa diyakini akan memudahkan keinginan seseorang untuk segera terkabul Sholawat Munjiyat. Perintah membaca dzikir shalat ini, salah satunya ditegaskan dalam Al-Qur`an dalam Surat Al-Ahzab: 56:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya berdoa untuk Nabi. Hai Orang-Orang Beriman! Berdoalah untuk Nabi dan sapa dia dengan hormat.

Sholawat Munjiyat kepada Nabi hanya bisa dilakukan dengan membaca kalimat Shallallahu ala Muhammad. Namun, sepertinya banyak sekali bacaan doa dalam berbagai macam lafal, dengan nama yang berbeda-beda. Salah satu bacaan doa yang sering dipraktekkan dan dibaca adalah Sholawat Munjiyat. Pengucapan Sholawat Munjiyat secara lengkap adalah sebagai berikut:

"Allaahumma shalli `alaa sayyidiniaa muhammadin wa `alaa aali sayyidinaa muhammadin salaatan tunjiinaa bihaa min jamii`il ahwaali wa aafaat wa taqdhii lanaa bihaa jamii'hata'irunat wa darajaat wa tubalighunaa bihaa aqshal ghaayat min jamii'il khairaati fil hayaati wa ba'dal mamaat"

Artinya, "Ya Allah, limpahkan rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, dengan sholawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari segala keadaan yang menakutkan dan dari segala cobaan; dengan sholawat itu, Anda akan mengabulkan keinginan kami; dengan sholawat itu, Anda akan menyucikan kami dari segala kejahatan; dengan sholawat itu, Anda akan mengangkat kami ke derajat yang tertinggi; dengan sholawat itu, Anda akan mengantarkan kami ke tujuan yang paling sempurna dalam segala hal. kebaikan, dalam hidup dan setelah mati." Sejarah Terciptanya Sholawat Munjiyat

Arti dari Sholawat Munjiyat sendiri adalah “Sholawat Juru Selamat”. Penamaan bacaan sholawat di atas tidak lepas dari kronologis terciptanya bacaan Sholawat Munjiyat yang bersumber dari suatu peristiwa yang dialami oleh salah satu orang 'bijaksana'.

Begini kronologinya: "Beberapa orang bijak berkata: 'Saya berada di sebuah kapal, lalu badai datang, hampir menyebabkan kita tenggelam.

Kemudian aku (tertidur dan) melihat Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam dalam mimpi, dia berkata: Beritahu mereka `Bacalah doa Allahumma shalli `alaa Muhammadin shalaatan tunjiinaa bihaa min jamii`il ahwaali wal aafaat wa taqdhii lanaa bihaa jamii'al haajat wa tuthahhirunaa bihaa min jamii'is sayyiaat wa tarfa'unaa bihaa 'indaka a'lad darajaat wa tubalighunaa bihaa aqshal ghaayat min jamii'il khairaati fil hayaati wa ba'dal mamaat, lalu aku bangun dan kami membaca sholawat, lalu angin pun reda dengan izin Allah ta'ala,” (Abdurrahman bin Abdissalam Ash-Shafuri, Nudhah al-Majaalis wa Muntakhab an-Nafaais, hal. 284).

Dalam kitab al-Fajr al-Munir fi as-Salat ala al-Basyir wa an-Nadzir, lebih jelas lagi bahwa orang bijak yang dimaksud dalam referensi di atas adalah salah seorang pemimpin jamaah Syadziliyah, yaitu Syekh As- Salih Musa ad-Dlarir. Sebagaimana disebutkan dalam referensi berikut:

Halaman
12
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved