Lapas Curup Over Kapasitas Lebih dari 200 Persen Lebih, Seminggu Ada 10-15 Tahanan Masuk

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup, mengalami over kapasitas hingga mencapai 708 warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Panji Destama/ Tribunbengkulu.com
Kepala Kesatuan pengamanan lembaga pemasyarakatan kelas IIA Curup Hadi Wijaya saat diwawancarai oleh Tribunbengkulu.com, terkait kondisi lapas yang over kapasitas, pada Sabtu (26/11/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama

 

TRIBUNBENGKULU.COM, REJANG LEBONG - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup, kondisinya sudah mengalami over kapasitas hingga mencapai 708 warga binaan pemasyarakatan (WBP). 

Dari kapasitas Lapas Curup yang hanya dapat menampung 250 warga binaan saja.

Dalam satu minggu sendiri rata-rata tahanan yang masuk ke lapas mencapai 10-15 orang. 

 

"sedangkan untuk tahanan yang bebas dalam satu minggu hanya 5-8 orang saja," ungkap Kepala Kesatuan pengamanan lembaga pemasyarakatan (KPLP) Lapas kelas IIA Curup, Hadi Wijaya, saat diwawancarai oleh Tribunbengkulu.com, pada Sabtu (26/11/2022). 

 

Lapas kelas IIA Curup sendiri, menampung WBP dari tiga wilayah, yakni Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong. 

 

Dari 708 tahanan itu terdiri dari 570 orang sudah menjalani persidangan dan berstatus WBP sedangkan 138 orang masih berstatus tahanan kejaksaan negeri Rejang Lebong yang masih menjalani proses persidangan. 

 

"Over kapasitas ini memiliki dampak, jadi kami berkoordinasi dengan pihak Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Wilayah Bengkulu untuk mencari solusi pemindahan wargaa binaan, saat ini masih diupayakan," tuturnya.

 

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved