Mengenal Rumah Adat Bengkulu, Unik dan Terkenal dengan Banyaknya Ruangan

Rumah Adat Bengkulu, Terkenal dengan Banyaknya Ruangan. Rumah adat Bengkulu bernama “Bubungan Lima”, menariknya rumah adat Bengkulu memiliki 4 nama

Penulis: Yuni Astuti | Editor: M Arif Hidayat
Rumah.com
Rumah Adat Bengkulu Bubungan Lima 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Yuni Astuti

TribunBengkulu.Com - Selain dikenal dengan banyaknya pulau, di Indonesia juga dikenal dengan berbagai ragam budayanya, jika berbicara tentang budaya maka tidak akan ada habisnya saking banyaknya ragam budaya yang ada di Indonesia ini.

Selain ciri khasnya, di artikel ini kami juga akan membahas tentang filosofi dari rumah adat Provinsi Bengkulu.

Rumah adat Bengkulu bernama “Bubungan Lima”, menariknya rumah adat Bengkulu memiliki 4 nama lain.

Ada yang menyebutnya dengan istilah “Bubungan Tinggi”, dan ada juga yang menyebutnya dengan “Bubungan Jembatan”,”Bubungan Haji”, “Bubungan Limas".

Rumah ini juga biasa digunakan untuk melakukan kegiatan ataupun ritual yang dilakukan oleh masyarakat seperti kelahiran seorang anak, kemudian acara pernikahan, bahkan bisa juga digunakan untuk kematian seseorang dan dipergunakan untuk kegiatan yang sakral lainnya. Rumah adat ini biasanya hanya ditempati oleh sesepuh adat serta keluarganya.

a. Arsitektur Rumah Adat Bengkulu

Rumah adat Bengkulu ini menggunakan bahan material terbuat dari kayu, jenis kayu yang digunakan ialah kayu medang atau kayu balam.

Karena memiliki teksture kayu yang lentur dan bisa bertahan hingga ratusan tahun, kayu ini kemudian dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan rumah adat Bengkulu. Konon, tangga yang dibuat harus dengan jumlah yang ganjil.

 

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved