Ramadhan 2022

Makanan Khas Bengkulu yang Bisa Jadi Menu Buka Puasa Ramadhan 1443 H / 2022 M

Ketika bulan puasa Ramadhan tiba, biasanya para wanita harus menyiapkan menu untuk berbuka puasa, baik dari minuman hingga hidangan makanan

Penulis: Yuni Astuti | Editor: M Arif Hidayat
kompasiana.com
Pendap Makanan Khas bengkulu Cocok untuk Bukber 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Yuni Astuti

TRIBUNBENGKULU.COM -  Banyak makanan khas Bengkulu bisa jadi menu buka puasa kamu di bulan Ramadhan.

Diantaranya adalah Pendap. Makanan yang sudah dipatenkan menjadi makanan khas Bengkulu Selatan ini memiliki cita rasa yang enak dan gurih. 

Tidak hanya sering dikonsumsi masyarakat Bengkulu. Bahkan Pendap menjadi salah satu satu makanan favorit yang disukai oleh presiden pertama Indonesia Soekarno.

Kalian pasti penasaran kan seperti apa sih bentuk dan rasanya pendap ini hingga dijadikan makanan favorit sang proklamator?

Daripada Tribuners penasaran, simak pembahasan berikut ini tentang “Pendap”

Keunikan Pendap                                      

Saking populernya makanan khas Bengkulu satu ini ternyata sampai ada lagu yang diciptakan untuk “Pendap” ini loh Tribuners, “Ikan pais lemak rasonyo dibungkus daun talas rapi rapi di kebek tali mahsyang” ini merupakan sebait lagu tentang makanan pendap.

Pendap ini merupakan makanan khas dari Bengkulu Selatan. Sebenarnya pendap ini adalah pepes dengan bahan utamanya adalah ikan.

Bedanya dengan pepes biasanya yang menggunkan daun pisang untuk membungkusnya, pendap dibungkus dengan menggunakan daun talas lalu baru dan pada bungkusan terakhir baru menggunakan daun pisang.

Kata “pendap” ini juga memiliki cerita, pada masa lampau proses pembuatannya ini sebelum diberi bumbu, bahan utamanya yakni ikan diendapkan terlebih dahulu agar nantinya jika diberi bumbu, maka bumbunya akan mudah meresap pada ikan, dari kata endap lama-kelamaan berubah ejaannya menjadi pendap.

Cara Mengolah Pendap

Bumbu Halus

1.            Cabai merah 6 buah / sesuai selera

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved