Pengertian Sa'i Sebagai Rukun Haji, Beserta Proses Pelaksanaannya dan Hikmah dari Sa'i

Berikut adalah Pengertian Sa'i Sebagai Rukun Haji, Beserta Proses Pelaksanaannya dan Hikmah dari Sa'i, simak penjelasannya berikut ini.

Penulis: Irlandika Kusuma. S | Editor: M Arif Hidayat
expatliving.sg
Sa'i Sebagai Rukun Haji 

TRIBUNBENGKULU.COM - Haji adalah salah satunya dari rukun Islam selain syahadat, shalat, puasa dan zakat. Tentu saja haji mempunyai tata cara dan ketentuan tertentu yang harus dilaksanakan untuk memperoleh gelar haji yang mabrur. Ada pula beberapa macam ibadah haji yang penting dipahami.

Sebelumnya diterangkan secara bahasa, haji mempunyai makna menyengaja atau menuju. Secara istilah yakni menyengaja berkunjung ke Baitullah di Makkah untuk lakukan ibadah di waktu dan cara tertentu dan dilaksanakan dengan tertib.

Haji tidak sama dengan Umrah. Haji dilakukan selama musim haji atau dalam tahun Dzulhijjah dan ada wukuf di Arafah. Itulah pada dasarnya perbedaan antara haji dan umrah.

Haji wajib dilakukan seperti sekali dalam seumur hidup dan dilakukan secara eksklusif selama musim haji, sedangkan Umrah dapat dilakukan dalam berbagai waktu atau berkali-kali.

Ada salah satu rukun haji yaitu sai, apabila telah melaksanakan thawaf, hendaknya keluar melalui Bab (pintu) Ash-Shafa, menuju bukit Shafa lalu menaiki beberapa anak tangganya.

Diriwayatkan bahwa, “Rasulullah Saw. menaiki bukit Shafa sehingga dapat melihat Ka’bah.”

Meskipun demikian, sa’I cukup dimulai dari kaki bukit. Menaikinya lebih dari itu merupakan sesuatu yang mustahab (dianjurkan).

Halaman
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved