Cara Tepat Mengatasi Mual Ketika Hamil Dilengkapi Dengan Gaya Hidup Ketika Hamil Agar Tidak Mual

Kondisi mual dan muntah sudah menjadi gejala yang muncul pada wanita di awal kehamilan dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Penulis: Yuni Astuti | Editor: M Arif Hidayat
Prenagen.com
Cara Tepat Mengatasi Mual Ketika Hamil Dilengkapi Dengan Gaya Hidup Ketika Hamil Agar Tidak Mual 

TRIBUNBENGKULU.COM- Kondisi mual dan muntah sudah menjadi gejala yang muncul pada wanita di awal kehamilan dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Banyak wanita merasa lemas, lesu, dan lesu jika mualnya parah dan sering. Agar hari tetap produktif, berikut berbagai cara mengatasi dan menghilangkan rasa mual saat hamil.  Ada beberapa cara untuk mengatasi dan menghilangkan rasa mual saat hamil, termasuk di awal kehamilan.

Mulai dari minum obat dari dokter, pengobatan alami atau tradisional, hingga perubahan gaya hidup. Agar tidak bingung, berikut beberapa cara menghilangkan mual muntah pada ibu hamil yang bisa dilakukan:

Obat Mual untuk Ibu Hamil

Dikutip dari hello sehat.com, berikut ini beberapa obat yang direkomendasikan bagi kamu yang ingin mengatasi rasa mual ketika hamil :

1. Vitamin B6 dan doxylamine

Kombinasi suplemen doxylamine (Unisom) dan vitamin B6 (pyridoxine) yang direkomendasikan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) sebagai cara untuk mengatasi mual selama kehamilan.

Berbagai data juga menunjukkan bahwa kombinasi kedua obat ini sangat efektif untuk mengurangi dan menghilangkan mual dan muntah. Kombinasi kedua obat ini tidak mengakibatkan peningkatan risiko cacat lahir pada bayi.

Dilansir dari American Family Phsycian (AFP), pyridoxine-doxylamine adalah satu-satunya obat yang secara khusus diberi label oleh Food and Drugs Administration untuk mengobati mual dan muntah selama awal kehamilan.

2. Antiemetik

Antiemetik adalah obat antimual yang biasa diresepkan sebagai cara untuk mengobati dan meredakan mual selama kehamilan.

Obat ini diberikan jika pengobatan lain tidak berhasil. Ada beberapa jenis obat antiemetik yang biasanya diresepkan, yaitu:

  • Proklorperazin (Compazine)
  • Klorpromazin (Thorazin)
  • Trimetobenzamid (Tigan)
  • Ondansetron (Zofran)
  • Sedangkan pada wanita dengan mual berat seperti saat awal kehamilan, dokter akan memberikan droperidol (Inapsine) dan diphenhydramine (Benadryl).

3. Antihistamin dan antikolinergik

Meclizine (Antivert), dimenhydrinate (Dramamine), dan diphenhydramine adalah obat yang terbukti efektif melawan mual dan muntah selama kehamilan. Selain itu, obat ini juga tentunya aman untuk diminum oleh ibu hamil.

4. Obat motilitas

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved