Jungkir Balik Harga Sawit

Boss-boss Sawit Bengkulu Wajib Tahu, Apakah Harga Sawit Bakal Joss Seperti Batubara?

Harga Batubara benar-benar dalam kondisi yang sangat joss berbeda dengan harga sawit. 

Penulis: prawira maulana | Editor: prawira maulana
REYNALDI
Peluang harga sawit mengikuti trend dari batubara. 

TRIBUNBENGKULU.COM - Harga Batubara benar-benar dalam kondisi yang sangat joss berbeda dengan harga sawit hari ini. 


Bayangkan di bursa komoditi harga batubara di pasar ICE Newcastle Inggris saat ini adalah 6,18 juta rupiah per ton. Harga ini kembali mendekatan harga rekor batubara tsepanjang sejarah 

Dalam seminggu terakhir harga batubara naik 11,83 persen. 

Lalu bagaimana dengan harga sawit? Seperti kita ketahui perkara sawit dan batuabra ini hampir sama.

Sebelumnya pemerintah Indonesia sempat mengeluarkan larangan eskpor selama satu bulan untuk batubara pada 1 Januari hingga 31 Januari 2022. Penyebabnya juga nyaris sama yakni seputra pemenuhan DMO yang timpang.

DMO adalah Domestic Market Obligation atau kebijakan pasar lokal yang mengharuskan memenuhi stok dalam negeri terlebih dahulu sebelum bisa mengekspor.

Begitu juga dengan minyak sawit CPO dan turunannnya. Pemerintah sempat memberlakukan larangan ekspor  karena produsen tak menuruti kebijakan DMO. Fenomenanya dengan mahalnya harga minyak goreng beberapa waktu lalu. Alhasil karena ditutupnya ekspor, sejumlah pabrik kelapa sawit bingung menjual CPO-nya. Tanki CPO PKS penuh dan sawit petani tak terserap. Harga TBS sawit turun sampai hanya Rp 700 per kilogram, bahkan ada yang cuma 500 rupiah.

 

Kini keran ekspor

minyak sawit sudah dibuka lagi. Pemerintah menyadari ada yang salah dengan kebijakan ini, seperti kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Untuk mempercepat bahkan sekarang pemerintah memperkecil ratio DMO jadi 1 banding 7. Artinya jika sudah mampu menyalurkan CPO satu ton untuk pasar dalam negeri maka berhak mengekspor 7 ton.

Nah dibukanya keran ekspor sawit lagi ini dalam beberapa waktu saja meningkatkan pendapatan negara indonesia dari bea keluar ekspor sawit. Ekspor CPO langsung menyumbang 6,7 trilun untuk kas negara. 

Bos-bos sawit tenang. Harga CPO sawit berjangka juga naik tajam dua hari terakhir. Pada pembukaan hari jumat ini harganya Minyak sawit berjangka Malaysia diperdagangkan di posisi MYR 4.288/ton atau 14,52 juta, melesat 3,57 persen.

Luhut Geram, Peluang Sawit Terbuka

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved