Parpol Mulai Daftar di KPU RI Hari Ini 1 Agustus 2022, di Provinsi Bengkulu April 2023

Pendaftaran Partai Politik (Parpol) sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah dimulai hari ini.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Ho/TribunBengkulu.com
Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra. 1 hingga 14 Agustus ini dibuka untuk pendaftaran parpol oleh DPP dari masing-masing partai politik. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Pendaftaran Partai Politik (Parpol) sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah dimulai hari ini.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra menjelaskan 1 hingga 14 Agustus ini dibuka untuk pendaftaran parpol ini.

Pendaftaran ini hanya dilakukan oleh DPP dari masing-masing parpol

"Pendaftaran hanya di KPU RI, tidak dilakukan di provinsi kabupaten/kota," kata Irwan, Senin (1/8/2022). 

Pendaftaran dilakukan oleh DPP partai politik ke kantor KPU RI di Jakarta. Sementara itu, untuk tingkat provinsi, pendaftaran akan dilakukan pada tahun 2023 mendatang. 

"Di KPU provinsi nanti bulan April 2023,baru akan dilakukan penyerahan daftar calon anggota DPRD Provinsi ke KPU Provinsi, " ungkap Irwan. 

Ia menyampaikan berdasarkan keputusan MK, partai politik yang saat ini sudah memiliki kursi di DPR RI  tidak lagi dilakukan verifikasi faktual, hanya verifikasi administrasi saja.

Sementara bagi partai politik baru maupun partai lama tapi tak memiliki kursi di parlemen, akan dilakukan verifikasi faktual. 

Verifikasi faktual ini dilakukan untuk mengecek keabsahan berkas di lapangan. Seperti mengecek kelengkapan administrasinya, bagaimana keanggotaannya, lokasi kantornya, dan lainnya. 

D isisi lain, Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto menjelaskan dalam tahapan ini, untuk parpol yang mendaftar di KPU RI hanya dilakukan oleh pimpinan partai politik pusat. 

"Partai yang mendaftar hanya pimpinan pusat. Dalam pendaftaran di KPU RI akan menyebutkan pengurus setiap provinsi," jelas Eko.

Baca juga: Terbaru Seleksi Bawaslu Bengkulu 2022: dari 12 Calon Anggota Bawaslu Hanya 3 Diambil, Siapa Saja?

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved