Bengkulu Berpotensi Gempa 8,4 SR dan Tsunami 14 Meter Jika Lempeng Enggano Pecah

Bengkulu memiliki sendiri lempengan atau megathrust, yang terletak di bawah Pulau Enggano. 

Panji Destama/TribunBengkulu.com
Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) muda, BMKG Geofisika Kepahiang, Sabar Ardiansyah menjelaskan lempeng atau megathrust Enggano yang berada di bawah pulau Enggano, pada Sabtu (27/8/2022) 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama


TRIBUNBENGKULU.COM, KEPAHIANG - Bengkulu memiliki sendiri lempengan atau megathrust, yang terletak di bawah Pulau Enggano


Lempengan ini berdekatan dengan lempengan mentawai yang berada di Sumatera Barat.

Tak seperti Lempengan mentawai, Lempengan Enggano berpotensi gempa dengan kekuatan 8,4 skala richter (SR) hingga menyebabkan tsunami lebih kurang 14 meter. 


"Potensi itu ada namun jika lempengan Enggano ini pecah dan belum diketahui kapan akan terjadinya, gempa yang kemarin itu hanya bagian ujung dari lempengan yang bergeser," ucap Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) muda, BMKG Geofisika Kepahiang, Sabar Ardiansyah kepada Tribunbengkulu.com, pada Sabtu (27/8/2022). 


Untuk lempengan mentawai sendiri memang memiliki potensi gempa besar hingga 8,9 SR, namun dampaknya hanya akan terasa di Kabupaten Mukomuko saja. 


Selain itu, Provinsi Bengkulu juga memiliki lempeng plat tektonik atau lempengan darat, yang berada di Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong, Ulu musi hingga Ke Empat Lawang. 


Dampak yang disebabkan oleh pergeseran lempeng darat ini, hanya kerusakan akibat pergeserannya saja dan tidak menimbulkan tsunami. 


Gempa bumi sendiri, merupakan salah satu penyebab utama terjadinya tsunami, karena adanya pergerakan lempeng yang memungkinkan terjadinya gesekan atau tumbukan antarlempeng.


Sehingga salah satu lempeng mengalami kenaikan dan yang lainnya penujaman. Ada beberapa kriteria gempa bumi diantaranya pusat gempa berada di laut dan kurang dari 30 kilometer dari permukaan laut. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved