Apa Itu Aplikasi e-Kohort? Berikut Penjelasan, Cara Penggunaan dan Link Downloadnya

Aplikasi e-Kohort KIA adalah aplikasi berbasis web dan mobile yang memiliki fungsi untuk pencatatan pelayanan kesehatan ibu, bayi, dan balita yang

Editor: M Arif Hidayat
Ho TribunBengkulu.com
Apa itu Aplikasi e-Kohort, di artikel in ada penjelasan, serta fungsi dan cara download aplikasi e-Kohort 

TRIBUNBENGKULU.COM - Aplikasi e-Kohort KIA adalah aplikasi berbasis web dan mobile yang memiliki fungsi untuk pencatatan pelayanan kesehatan ibu, bayi, dan balita yang menghasilkan kohort untuk keperluan pemantauan kesehatan ibu, bayi, dan balita tersebut.

Aplikasi e-Kohort KIA merupakan digitalisasi kohort pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA).

Wujudnya adalah kohort KIA elektronik yang mencakup data pelayanan kesehatan ibu hamil, ibu bersalin , ibu nifas, neonates (bayi baru lahir), bayi, dan balita (anak bawah lima tahun). Bagi kamu yang ingin download Aplikasi e-Kohort link download ada di bawah artikel.

Kohort KIA merupakan basis data yang sangat penting karena berisi informasi lengkap terkait data dasar, catatan hasil pemeriksaan, dan pelayana kesehatan yang diberikan dari fase kehamilan ibu sampai si anak mencapai usia lima tahun.

Aplikasi e-kohort KIA dikembangkan oleh PT. Sijarimas Teknologi Inovasi untuk Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dengan dukungan pendanaan dari Projek USAID jalin. Selain sebagai pengembang aplikasi, PT Sijarimas Teknologi Inovasi juga terlibat dalam pelatihan dan pendampingan implementasi.

Tim Fasilitator dari PT. Sijarimas Teknologi Inovasi bersama Tim Fasilitaror Direktorat Kesehatan Kerluarga Kementrian Kesehatan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada tim implementator di Dinas Kesehatan kabupaten/kota serta tenaga kesehatan pengguna aplikasi di wilayah kerja puskesmas.

Aplikasi e-kohort masih sedikit di akses oleh faskes swasta seperti Praktik kebidanan Mandiri (PMB), klinik dan rumah sakit. Penerapan aplikasi E-kohort-KIA masih memiliki beberapa kendala, seperti ketersediaan jaringan internet, keterbatasan kemampuan tenaga kesehatan dalam menggunakan teknologi dan ketersedianaan sarana prasarana.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan menggunakan metode gabungan antara kegiatan daring (online) dan kegiatan kunjungan langsung ke lokasi.

Berikut cara pengisian kohort ibu Hamil dan Nifas

1. Diisi nomer urut

2. Diisi nama pasien ibu hamil

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved