Cara Mengatasi Agar WhatsApp Tidak Lambat dan Lag di HP Android, Tak Sampai 5 Menit Selesai

Pengguna WhatsApp mungkin pernah mengalami aplikasi WhatsApp menjadi lambat atau Lag saat dibuka atau digunakan. Sebenarnya, cara mengatasi agar WA

Penulis: Achmad Fadian | Editor: M Arif Hidayat
TribunBengkulu.com
Berikut Cara Mengatasi Agar WhatsApp Tidak Lambat dan Lag di HP Android, Tak Sampai 5 Menit Selesai 

TRIBUNBENGKULU.COM - Pengguna WhatsApp mungkin pernah mengalami aplikasi WhatsApp menjadi lambat atau Lag saat dibuka atau digunakan.

Sebenarnya, cara mengatasi agar WhatsApp tidak lambat sebenarnya sangat mudah tak sampai 5 menit selesai. Penyebab WhatsApp lambat bermacam-macam, namun seringkali dipengaruhi oleh kinerja ponsel atau aplikasi sistem yang belum diperbarui.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi agar WhatsApp tidak lambat dan Lag lemot.

Baca juga: Download IDLIX Apk, Nonton Streaming Film dan Drama Korea Sub Indo Gratis Tanpa Iklan

1. Hapus pesan WhatsApp

Jumlah pesan di chat room WhatsApp Anda bisa dipastikan lebih dari satu. Selain itu, juga berisi file foto dan video dengan berbagai ukuran.

Apalagi jika aplikasi tersebut memiliki banyak grup tidak hanya satu. Semakin banyak pesan dan file multimedia yang menumpuk, kinerja WhatsApp akan semakin menurun.

Cara mudahnya anda tinggal memilih beberapa pesan WhatsApp di chat room yang jika dirasa sudah tidak penting lagi, dan layak untuk dihapus agar WhatsApp berjalan lancar kembali.

2. Hapus Cache

Selain pesan teks, cache yang dibiarkan menumpuk juga membuat sistem WhatsApp menjadi lambat. Cache atau cacha adalah tempat penyimpanan data sementara yang kemungkinan akan digunakan kembali oleh pengguna.

Anda wajib mengosongkan file Cache ini HP Android anda secara rutin 2 har sekali, sebagai cara mengatasi WhatsApp agar tidak lambat atau Lag.

Baca juga: Cara Edit dan Gabungkan Video Green Screen ke Video Lain Menggunakan Aplikasi CapCut

Baca juga: Download Anichin Apk, Streaming Nonton Anime China atau Donghua Tanpa Iklan dan Sub Indo Gratis

Caranya buka setting di HP Android anda, pilih Apps, klik Manage Apps, cari aplikasi WhatsApp, pilih clear data di menu bawah agar ruang penyimpanan lebih lega dan aplikasi tidak mudah lemot.

3. Perbarui WhatsApp ke versi terbaru

Cara memperbaiki WhatsApp agar tidak lemot adalah dengan memastikan aplikasi yang digunakan adalah versi terbaru. Perlu anda diketahui, WhatsApp selalu melakukan pembaruan sistem untuk memaksimalkan kinerja dan menghilangkan bug yang ada di versi sebelumnya.

Halaman
12
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved