524 Guru Honorer Lulus Passing Grade Tes PPPK Dipastikan Tak Diangkat Tahun Ini, Bagaimana Nasibnya?

Nasib 524 guru honorer yang lulus passing grade tes PPPK tahun 2021 dipastikan tidak akan diangkat pada tahun ini.

Penulis: Beta Misutra | Editor: Yunike Karolina
Beta Misutra/TribunBengkulu.com
Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Gunawan Suryadi menyatakan 524 guru honorer yang lulus passing grade tes PPPK tetap akan menjadi prioritas, jika ada formasi PPPK tahun 2023. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Nasib 524 guru honorer yang lulus passing grade tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 dipastikan tidak akan diangkat pada tahun ini.

Ini dikarenakan Pemprov Bengkulu tidak mengusulkan formasi guru PPPK pada tahun 2022 ini.

Dengan alasan, akan terjadi pembengkakan anggaran apabila Pemprov Bengkulu memaksakan diri untuk tetap mengusulkan penambahan tenaga guru PPPK.

Belum lagi, Pemprov Bengkulu sudah mendapat peringatan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena belanja pegawai yang sudah mencapai hampir 40 persen.

Padahal berdasarkan aturan terbaru, maksimal belanja pegawai harusnya berada pada angka 30 persen dari total APBD.

Baca juga: 28 Tahun Mengabdi, Guru Honorer di Bengkulu Kecewa Tidak Diajukan PPPK Padahal Lulus Passing Grade

"Kalau tahun ini tidak ada pengangkatan, artinya untuk tahun 2023. Tapi kita masih menunggu kepastian untuk formasi itu," ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Gunawan Suryadi kepada TribunBengkulu.com, Kamis (29/9/2022).

Selanjutnya, tentu para honorer ini akan mempertanyakan bagaimana nasib mereka kedepan, setelah Pemprov Bengkulu menyatakan tidak ada pengajuan formasi PPPK tahun ini.

Prihal tersebut BKD memastikan, jika pada tahun 2023 mendatang formasi PPPK guru bisa diajukan dan mendapat kuota dari Kemenpan-RB, tentunya 524 guru yang lulus passing grade ini tetap akan menjadi prioritas.

Sehingga secara tidak langsung, lagi-lagi para guru honorer yang lulus passing grade ini hanya bisa mengelus dada pada tahun ini.

Sambil berharap agar pada tahun 2023 mendatang sudah ada titik terang terkait solusi pembengkakan anggaran yang menjadi penghambat Pemprov Bengkulu mengusulkan formasi PPPK. 

"Artinya mereka ini tetap skala prioritas, tapi kita melihat dulu formasi. Karena sifatnya pengangkatan ini kan harus ada formasi dulu dari Kemenpan RB, kita tunggu saja dulu," ujar Gunawan.

Sementara untuk saat ini, BKD hanya bisa meminta para guru honorer yang sudah lulus passing grade ini untuk bersabar dan tetap mengajar seperti biasa.

Menurut Gunawan, pemerintah provinsi tentu akan berupaya untuk mencari solusi untuk para guru honorer ini.

"Kita harapkan kepada rekan-rekan tenaga pendidik yang masuk dalam data base passing grade ini ya tetap bekerja, sambil menunggu untuk yang akan datang," kata Gunawan.

Baca juga: BREAKING NEWS: Remaja di Kota Bengkulu Dibegal Depan Diskotik Cassablanca Kota Bengkulu

Baca juga: Pegiat Antikorupsi Kesal Dengar Kabar Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Pengacara Istri Ferdy Sambo 
 
 
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved