Update Harga TBS Sawit di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur, Tertinggi Capai Rp 1700 per Kilogram

Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dan Kabuapten Kaur masih sangat jauh dari harga penetapan provinsi

Editor: M Arif Hidayat
Ahmad Sendy/Tribunbengkulu.com
Antri truk TBS PT. CBS Desa Ulak Pandan Kecamatan Nasal 

Laporan Reporter TribunBengkulu.Com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, KAUR - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dan Kabupaten Kaur masih sangat jauh dari harga penetapan Provinsi Bengkulu.

Dari data yang didapat TribunBengkulu.Com dilapangan, harga tertinggi di Kabupaten Kaur tertinggi di angka Rp 1700 dan terendah di angka Rp 1530 per kilogramnya.

Disampaikan Manager Area Join Zulpian, ST melalui Asisten Pembeli Buah PT. CBS, Yuliman mengatakan PT. CBS dari harga tiga hari belakang hanya membeli TBS tertinggi di angka Rp 1620 dan harga terendah di angka Rp 1450. Perhari ini harga mengalami kenaikan sebesar Rp 80. 

Ditambahkan Yuliman, PT. CBS membeli dengan 3 harga yang berbeda sesuai dengan wilayah seperti Bintuhan, Padang Guci dan Bengkulu Selatan. Dengan alasan, pertimbangan sesuai jarak tempuh ke pabrik. 

“Hari ini kita membeli buah dengan harga dasar Rp 1530 yang ditujukan kepada para petani di wilayah bintuhan, sedangkan untuk wilayah padang guci di angka Rp 1620 dan harga tertinggi Rp 1700 untuk wilayah Bengkulu Selatan. Perbedaan harga tersebut sesuai dengan lokasi dan jarak, pembelian berbeda dilandaskan bengkulu selatan dan padang guci mendapatkan biaya subsidi dari pabrik,” ungkap Yuliman, Sabtu (11/6/2022) Siang Kepada TribunBengkulu.Com.

Lanjut Yuliman, PT CBS sehari dapat memproduksi 700-800 ton, dengan produksi tersebut. Antrian truk pengakut TBS tidak terlalu terurai panjang seperti yang terjadi di daerah lainnya.

“Perhari kita dapat produksi 700-800 ton TBS, namun dalam waktu satu hari tim bongkar TBS dari truk ke pabrik hanya mampu membongkar TBS sebanyak 400-500 ton, karena kita masih mengalami kekurangan pada jasa pembongkaran. Artinya untuk antrian truk dapat memakan dua hari satu malam,” Tutur Yuliman.

Sementara itu, PT APLS yang berlokasi di Desa Beriang Tinggi kecamatan Tanjung Kemuning membeli TBS sebesar Rp 1640 per kilogramnya.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved