Jungkir Balik Harga TBS Sawit

Harga TBS Bengkulu Selatan dan Kaur Turun Naik, Dewan: Jangan Semena-mena

Kenaikan harga TBS sawit Bengkulu Selatan dan kaur tingkat pabrik hari ini Senin (27/6/2022) dimulai dari Rp 75 - Rp 100 tiap kilogramnya.

Ahmad Sendy Kurniawan Putra/Tribunbengkulu.com
Anggota DPRD Bengkulu Selatan Holman. Polisi PDIP ini meminta pihak pabrik tak semena-mena dalam menetapkan harga TBS sawit di Bengkulu Selatan. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Masih jauh dari harga penetapan pemerintah, Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur kembali menaikan harga Tanda Buah Segar (TBS) sawit.

Kenaikan harga TBS sawit Bengkulu Selatan dan kaur tingkat pabrik hari ini Senin (27/6/2022) dimulai dari Rp 75 - Rp 100 tiap kilogramnya.

Asisten Pembelian Buah PT CBS, Yuliman yang berlokasi di Kabupaten Kaur mengatakan pihak pabrik membeli TBS sesuai dengan wilayah. Harga TBS sawit ditingkat pabrik ada tiga variasi.

"Harga kemarin, wilayah Bintuhan Rp 1.160, Padang Guci Rp 1.250 dan wilayah Manna Rp 1.330. Sedangkan harga hari ini kembali naik per kilonya sebesar Rp 100. Jadi wilayah Bintuhan Rp 1.260, wilayah Padang Guci Rp 1.350 dan wilayah Manna Rp 1.430," kata Yuliman kepada TribunBengkulu.com, Senin (27/6/2022).

Kenaikan harga beli TBS disebabkan dengan naiknya harga jual Calm Palm Oil (CPO).

Untuk PT BSL hari ini juga mengalami kenaikan sebesar Rp 75 untuk ditingkat pabrik kelapa sawit.

Hal tersebut dibenarkan oleh Humas PT BSL, Idius Safari.

Benar ada kenaikan lagi, harga umum yang kemarin hanya berada diangka Rp 955 per kilogram hari ini menjadi Rp 1.030 per kilogram.

Sedangkan untuk harga mitra dari Rp 1.100 menjadi 1.200 per kilogram.

Informasi yang didapat Tribunbengkulu.com, ada satu PKS yaitu PT SBS di Bengkulu Selatan yang melakukan penutupan sementara karena penampungan CPO penuh.

Terpisah, anggota DPRD Bengkulu Selatan, Holman, meminta pihak pabrik kelapa sawit yang ada di Bengkulu Selatan untuk mengikuti harga pembelian TBS sawit sesuai dengan harga ketetapan Rp 1.932 per kilogram.

Holman juga mengingatkan agar pabrik tidak semena-mena menaikan dan menurunkan harga TBS sawit.

Mengingat dampak dari anjloknya harga TBS sawit Bengkulu tak terkecuali di Bengkulu Selatan.

"Pabrik harus memikirkan hajat petani sawit. Bukan hanya memikirkan sepihak saja. Kalau harga normal atau tetap walau belum bisa mengikut ketentuan, kemungkinan petani tidak akan terlalu menjerit," ungkap Holman.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved