Heboh HUT Golkar Mobilisasi Pelajar

Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN pada HUT Golkar, Pemprov Bengkulu Tunggu Instruksi KASN

Pemprov Bengkulu masih menunggu instruksi KASN selanjutnya atas dugaan pelanggaran netralitas ASN pada HUT Golkar.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri. Pemprov Bengkulu masih menunggu instruksi lebih lanjut dari KASN terkait rekomendasi Bawaslu soal dugaan pelanggaran netralitas ASN melibatkan Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Bawaslu Provinsi Bengkulu sudah menyampaikan rekomendasi ke KASN terhadap dugaan pelanggaran netralitas ASN yang melibatkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Provinsi Bengkulu dan Kepala SMAN 2 Kota Bengkulu pada Selasa (26/10/2022).

Dugaan pelanggaran netralitas ASN oleh Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu dan Kepala SMAN 2 Kota Bengkulu karena diduga mengeluarkan surat berisi imbauan mobilisasi pelajar dan ASN untuk menghadiri jalan sehat nasional acara HUT Golkar pada 16 Oktober 2022.

Hingga saat ini, Pemprov Bengkulu masih menunggu instruksi KASN terkait rekomendasi yang disampaikan Bawaslu Provinsi Bengkulu

Selain itu, di internal Pemprov Bengkulu juga melakukan pemeriksaan terhadap Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat akan diperiksa oleh atasan langsung yakni Asisten I Pemprov Bengkulu, Khairil Anwar. 

Baca juga: BREAKING NEWS: Heboh Mobilisasi Pelajar di HUT Golkar Bengkulu, Bawaslu Panggil Kadis Dikbud

"Jadi dari hasil pemeriksaan, ternyata itu harus didahului dengan pemeriksaan atasan langsung. Sekarang masih diproses oleh asisten I, dan saya atasan langsungnya. Dan ini Asisten I yang memulai melakukan pemeriksaan," kata Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri kepada TribunBengkulu.com, Rabu (2/11/2022). 

Pada pemeriksaan itu nantinya akan digali hal yang melatarbelakangi munculnya surat imbauan kepada ASN dan siswa untuk ke acara HUT Golkar, yang ditandatangani Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu.

Ini menindaklanjuti, beredarnya surat yang ditandatangani oleh Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu, pada tanggal 13 Oktober 2022 lalu, dengan nomor surat : 003/9075/DIKBUD/2022.

Baca juga: Bantah Mobilisasi Siswa ke HUT Golkar, Rohidin: Tidak Tahu Bawahan Menerjemahkannya Seperti Apa

Mengimbau para ASN di OPD nya dan siswa untuk memeriahkan acara jalan sehat nasional acara HUT Golkar pada 16 Oktober 2022. 

"Pemeriksaan terhadap kadis dikbud ini untuk mengetahui apa latar belakangnya, visinya apa, nanti akan dirumuskan dalam evaluasi pemeriksaan," ujar Hamka. 

Di sisi lain Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Eko Sugianto menjelaskan, rekomendasi  dugaan pelanggaran netralitas ke KASN berdasarkan hasil investigasi terhadap Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu dan Kepala SMAN 2 Kota Bengkulu.

"Terkait sanksi atau apa nanti, itu jadi ranah KASN. Kita sebatas menyampaikan apa hasil dari investigasi itu. Namun tetap kini kita kawal proses itu," jelas eko. 

Baca juga: BREAKING NEWS: 2 Tahanan Kabur Polres Bengkulu Tengah Menyerahkan Diri, Satu Masih Buron

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved