BPIH dan Bipih Dalam Pelaksanaan Ibadah Haji Yang Wajib Diketahui Sebelum Mendaftar Haji

Berikut adalah penjelasan mengenai BPIH dan Bipih Dalam Pelakasanaan Ibadah Haji Yang Wajib Diketahui Sebelum Mendaftar Haji.

Penulis: Irlandika Kusuma. S | Editor: M Arif Hidayat
TribunNews.com
Potret Ibadah Haji : BPIH dan Bipih Dalam Pelakasanaan Ibadah Haji Yang Wajib Diketahui Sebelum Mendaftar Haji agar tahu rincian biaya haji yang akan dikeluarkan. 

TRIBUNBENGKULU.COM - Setiap orang bercita-cita ingin melakukan perjalanan ibadah haji, namun untuk bisa naik haji seseorang harus mengeluarkan biaya haji yang dinamakan dengan BPIH dan Bipih.

Untuk yang belum paham apa itu BPIH dan Bipih itulah adalah hal yang wajar, jadi Akronim dari BPIH adalah (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) sedangkan Bipih adalah (Biaya Perjalanan Ibadah Haji).

Jadi maksudnya ketika para jamaah ingin melakukan ibadah haji harus membayar biaya yang akan digunakan untuk BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) dan Bipih (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) tersebut.

Haji adalah perjalanan ke Baitullah Mekkah untuk menunaikan serangkaian ibadah yang sesuai dengan syarat-syarat haji yang sah. Secara sederhana, haji dapat dicapai dengan mengunjungi Baitullah atau Ka'bah di kota Mekkah.

Jadi untuk lebih jelasnya mengenai penjelasan mengenai apa itu BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) dan Bipih (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) adalah sebagai berikut.

Baca juga: Hikmah-hikmah dan Manfaat Positif untuk Umat Islam dalam Menjalankan Ibadah Haji

1. Apa itu BPIH dan Bipih

BPIH adalah singkatan dari (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji), sedangkan Bipih adalah (Biaya Perjalanan Ibadah Haji).
Secara definisi BPIH dan Bipih adalah sebagai berikut

a. BPIH

Dikutip dari Kompastv yang merujuk pada laman Twitter Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), menjelaskan bahwa BPIH adalah biaya operasional dalam penyelenggaraan ibadah Haji. Sedangkan Bipih sendiri secara definisi adalah sebuah biaya perjalanan Ibadah Haji yang harus dibayarkan oleh para calon Jemaah Haji.

Namun dalam kata lain BPIH merupakan biaya riil secara keseluruhan yang akan dibutuhkan per Jemaah supaya dapat menjalankan Ibadah Haji.

Baca juga: Pengertian Tahallul dan Macam-macam Tahallul dalam Ibadah Haji

Adapun 3 komponen BPIH adalah sebagai berikut:

1. Biaya protokol kesehatan

2. Biaya yang bersumber dari nilai manfaat keuangan haji

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved