Penuh Risiko, Ternyata Begini Kerja Tim Pelestarian Harimau Sumatera

Kerja sebagai anggota tim pelestarian harimau sumatera ternyata memang memiliki resiko yang cukup tinggi. Bahkan beberapa waktu yang lalu, tepatnya pa

Penulis: Beta Misutra | Editor: M Arif Hidayat
Ho TribunBengkulu.com
Tim Pelestarian Harimau Sumatera penuh dengan resiko. Tampak patroli pelestarian harimau sumatera yang dilaksanakan oleh tim dari Lingkar Inisiatif di wilayah hutan TNKS beberapa waktu yang lalu. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Kerja sebagai anggota tim pelestarian harimau sumatera ternyata memang memiliki risiko yang cukup tinggi.

Bahkan beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada hari Rabu, 17 Agustus 2022, dua orang anggota tim pelestarian harimau sumatera meninggal dunia akibat tertimpa kayu yang tumbang.

Yaitu Gunawan yang merupakan Polisi Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan Sudirman yang merupakan anggota Patroli Harimau Sumatera (PHS).

Keduanya meninggal dunia sesaat sebelum akan melaksanakan upacara bendera di camp yang mereka buat, di kawasan hutan Bukit Punjung Kabupaten Mukomuko.

 

Baca juga: BREAKING NEWS: 2 Anggota Tim Pelestarian Harimau Sumatera Tewas Tertimpa Pohon saat Patroli

Baca juga: 2 Anggota Tim Pelestarian Harimau Sumatera yang Tewas Saat Bertugas Raih Penghargaan Internasional

 

Selain PHS, ternyata ada juga lembaga independen yang bergerak di bidang pelestarian harimau sumatera di kawasan hutan TNKS, yaitu Lingkar Inisiatif.

 

Lingkar Inisiatif sendiri memiliki kerja yang sama dengan PHS, yaitu utamanya menjaga pelestarian harimau sumatera.

 

Koordinator Bidang Data dan Informasi Lingkar Inisiatif, Hari Siswoyo menyampaikan pada dasarnya ada beberapa poin yang menjadi tugas mereka untuk melestarikan harimau sumatera.

 

"Pertama tugas kita itu untuk membersihkan jerat-jerat harimau yang ada di hutan. Termasuk juga jerat hewan karnivora lainnya," kata Hari.

 

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved